yang
saya dapatkan dalam materi pedagogi dan andragogi ialah
Andragogi
adalah toeri belajar yang dikembangkan untuk kebutuhan orang dewasa. Andragogi berasal dari
bahasa Yunani kuno: "aner", dengan akar kata andr, yang berarti orang
dewasa, dan agogus yang berarti membimbing atau membina.
Andragogi, pada mulanya diartikan sebagai : seni dan ilmu yang bertugas
untuk membantu dewasa belajar. Istilah tersebut dewasa ini mendefinisikan suatu
alternatif terhadap pedagogi dan mengacu kepada pendidikan yang berfokuskan
pada siswa untuk semua umur.
Model andragogi
menegaskan bahwa lima permasalahan yang harus diperhatikan dan dibahas dalam
pembelajaran formal. Mereka adalah : 1). Dibiarkan siswa mengenal sesuatu
kenapa sesuatu itu penting untuk dipelajari, 2). Peragakan pada siswa bagaimana
untuk mengarahkan diri mereka sendiri melalui informasi, dan 3). Hubungakan
topik tersebut dengan pengalaman siswa itu sendiri. 4). Orang tidak akan
belajar apa-apa kecuali jika mereka siap dan termotivasi untuk belajar. 5). Dan
sesuatu yang sering, perlu membantu mereka jika ditemui kendala seperti sikap
dan kepercayaan tentang pembelajaran.
Sedangakan
pedagogi adalah toeri belajar untuk anak-anak. Pedagogi secara
literal adalah seni dan ilmu pengetahuan tentang mendidik anak-anak dan sering
digunakan sebagai sebuah sinonim untuk suatu pengajaran. Secara lebih tepatnya,
pedagogi mewujudkan pendidikan yang berfokuskan guru.
Dalam
suatu model pedagogi, guru memikul tanggungjawab untuk membuat keputusan
tentang apa yang akan dipelajari, dan bagaimana ia akan dipelajari, dan kapan
ia akan dipelajari. Guru mengarahkan pembelajaran.
berikut
perbedaan antara pedagogi dan andragogi:
No
|
Andragogi
|
Pedagogi
|
1
|
Pembelajar disebut “peserta didik”/
“warga didik”
|
Pembelajar disebut “siswa”/ “naka
didik”
|
2
|
Gaya belajar independen
|
Gaya belajar dependen
|
3
|
Tujuan fleksibel
|
Tujuan ditentukan sebelumnya
|
4
|
Menggunakan metode pelatihan aktif
|
Metode pelatihan pasif, seperti metode
ceramah.
|
5
|
Pembelajaran mempengaruhi waktu dan
kecepatan
|
Guru mengontrol waktu dan kecepatan
|
6
|
Belajar berpusat pada masalah
kehidupan nyata
|
Belajar berpusat padaisu atau
pengetahuan teoritis
|
0 komentar:
Posting Komentar